.

Cara Memperbaiki Bootloop atau Gagal Booting dan Mati Total Pada Android

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Bootloop dan Mati Total Android - Selamat datang para pengunjung setia ApkMod. Pada kesempatan kali ini saya sebagai admin akan berbagi pengalaman kepada anda yaitu Cara Mengatasi dan Memperbaiki Bootloop/Gagal Booting dan Mati Total pada Android yang seringkali membuat kita jengkel dan juga gelisah.

Cara Memperbaiki BootloopGagal Booting dan Mati Total Pada Android
Cara Memperbaiki Bootloop Gagal Booting dan Mati Total Pada Android

Bootloop/Gagal Booting adalah hal yang seringkali terjadi pada pengguna android. Proses Bootloop Android Merupakan dimana suatu proses yang gagal booting pada android biasanya hal ini terjadi karena adanya kerusakan file system android yang telah gagal masuk untuk mulai bekerja dengan semsetinya sehingga Ponsel android tidak bisa nyala dan bekerja pada keadaan normal dan yang paling umum proses bootloop terjadi seperti berhenti pada Logo Android saja yang tidak mau masuk pada menu home drawer.

Banyak dari pengguna android yang bertanya mengenai masalah bootlopp ini seperti:
  • Mengapa android saya ketika di hidupkan hanya mencul dan berhentu pada logo merek handphone saja?
  • Mengapa Ponsel saya mati secara tiba dan tidak bisa nyala kembali?
  • Android saya tidak bisa masuk ke menu?
  • Kenapa android saya selalu booting dan restart terus?


Proses Error Bootloop di Hp Android merupakan salah satu proses masalah yang sering di hampiri oleh tiap pengguna Android, penyebab terjadinya bootloop itu sendiri banyak sekali hal yang menyebabkan menjadi faktor kerusakan biasanya android tersebut telah di Oprek menjadi ponsel yang tidak semestinya seperti karena gagal Update versi Stock Custom ROM yang bukan di peruntukan untuk Ponsel tersebut biasanya salah versi, dan juga ada beberapa pengguna yang mengalami ketika Mengganti Font bentuk huruf android yang kurang lengkap dari persyaratannya, sehingga pada saat ponsel android di hidupkan maka proses bootloop terlihat seperti hanya muncul logo merek ponsel saja atau logo android yang dapat terjadi pad tiap ponsel dengan tipe Sony Xperia, Xiaomi Redmi, Samsung, IMO, Lenovo, Asus Zenfone, smartfren andromax, Infinix, Alcatel, Advan dan masih banyak ponsel lainnya yang hanya berhenti dan mengulang pada logo hp itu saja.

Penyebab Error Bootloop dapat terjadi karena seperti Berikut:
  • Salah dan gagalnya Flashing Ganti ROM Custom.
  • Karena Ganti Font biasanya tidak di ROOT kecuali ponsel tersebut sudah support change Font
  • Memory Internal Android terlalu Penuh
  • Salah oprek system seperti SystemUI dan lain-lain
  • Ketika menggunakan Aplikasi Xposed atau Xblast dan module lainnya.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Dan untuk kalian yang ingin mengembalikan android pada keadaan semula karena bootloop anda bisa simak tips dan trik dibawah tanpa melewati sedikit pun caranya. Namun adakalanya kita harus mengenal macam-macam dari Bootloop android seperti dibawah ini.

Macam Bootloop Android Beserta Cara Mengatasinya


1. Android Light Bootloop

Bootloop jenis ini biasa terjadi karena pengguna Android  dalam keadaan pemakaian normal, misalnya dalam Instal file Apk, lalu Bermain Game Namun Tiba-Tiba Saja Android anda Reboot atau Restart Sendiri dan saat di nyalakan kembali hanya sampai logo saja.

Cara Mengatasi Light Bootloop Android : Kalian melepaskan Baterai Android dan tinggal buka Casing Belakang dan Lepas dan tunggu beberapa saat , Lalu Pasang Kembali dan hidupkan Kembali Android Anda. 

2. Android Medium Bootloop

Bootloop jenis ini Terjadi Karena Pengguna melakukan oprek Android Dan Masuk Ke System Recory atau CWM Yang biasanya untuk Membuka System (Rooting) kerusakan ini termasuk dalam tingkat menengah tapi masih bisa untuk di Perbaiki Karena Handphone anda masih bisa masuk CWM Dan Masih Bisa di perbaiki pada keadaan semula.

Cara Mengatasi Medium Bootloop Tanpa Flashing : Untuk mengatasi atau memperbaiki bootlopp ini anda harus Menggunakan PC/Laptop untuk membackup data recovery image+File recovery CWM atau Original. Namun Cara ini akan berhasil bila anda pernah backup data ROM anda, jika belum pernah Anda bisa cari data Recovery yang Sama di google Karena Bila tidak sama tentu tidak akan bisa untuk di Restore. 

3. Android Hard Bootloop

Nah dan yang terakhir ialah Hard Bootloop proses ini terjadi karena Kita melakukan perubahan pada Sricpt yang ada di Dalam Android Tersebut Seperti Mengupgrade OS, ganti Stock ROM yang berbeda dan Compile APK yang salah ciri - ciri bootloop android ini Dan biasanya ketika waktu Di hidupkan Hanya Sampai Logo saja.

Cara Mengatasi Bootloop android Hard : Cara Memperbaikinya Kita Harus Menggunakan PC yang sudah Di Install Aplikasi Khusus atau Tertentu Untuk Install Ulang OS Android atau melakukan Flashing android Anda yang sering Di Sebut Flashing Rom/ Firmware. 

Tapi Cara Instal Ulang/Flashing ROM Firmware Android Itu Berbeda-Beda tergantung dari beberapa tipe dan merk Smartphone tersebut pasalnya karena setiap firmware versi dan aplikasi di dalamnya berbeda jadi anda harus mempersiapkan file firmware tersebut pada web yang telah menyediakannya. Misalnya :
  • Untuk Handphone android dengan fitur voice call/ nelpon yang menggunakan cpu MTK seperti beberapa type phone samsung, imo, axioo, beyond, acer, mito, advan vandroid, htc android dll perlu menggunakan alat bantu flashing tool seperti SP flash tool untuk CPU MTK
  • Dan Untuk merk android terkenal biasanya disediakan tool flashing khusus. Seperti Handphone LG dengan KDZ Tool, ZTE Tab Light dengan Sales_MultiDL, Samsung Galaxy biasanya menggunakan Software tools ODIN. 
  • Sedangkan untuk mengatasi bootloop android tidak mau menyala dan tidak bisa masuk ke menu dengan chipset cpu All winner seperti cyrus pad, treq basic, imo z 5, speed up, websong dll bisa menggunakan Software livesuits. 
  • Masih ada cara flashing rom allwinner dengan micro sd menggunakan software tool Phoenix card.
  • Untuk Smartfren Androtab, tabulet Troy, cube dan hand phone/tablet android lainnya yang memakai type cpu RockChip gunakan software flashing firmware dengan RK BatchTool.
  • Beberapa teknisi tempat service phone-tablet android ada yang tahu cara membuat custom rom (porting rom) yang cocok untuk mengatasi android bootloop.
  • Ataupun cara alternatif lainnya dengan Menggunakan ADB Tools dalam mode CMD. 


Note : Cara Yang paling Ampuh untuk mengatasi bootloop ialah dengan Masuk ke CWM Recovery cara ini berguna untuk mengembalikan android pada tampilan/settingan pabriknya dengan kata lain anda harus rela untuk kehilangan File kontak dll atau Aplikasi yang ada di penyimpanan memory telepon anda. 

Solusi Cara Atasi Bootloop android Via CWM Recovery Tanpa PC:
  • Caranya pilih salah satu langkah yang Work dengan android anda karena tiap ponsel berbeda-beda dalam masuk ke Mode Recovery biasanya dengan Menekan Tombol Volume - di barengi dengan Tombol Power. Dan juga ada beberapa ponsel Tekan Volume + dan Power Secara Bersamaan. Selain itu ada juga dengan Menekan Volume -/+ >> Menu >> Power. Dan masih banyak lagi yang lainnya anda bisa cari refrensi mengenai cara masuk CWM Recovery pada tiap ponsel yang anda miliki.
  • Selanjutnya jika sudah masuk pada menu recovey mode anda pilih Wipe data/factory reset/Wipe data cache dan pilih yes/Confirm menggunakan Power(untuk memilih opsi anda bisa gunakan tombol Volume - dan + )
  • Selanjutnya anda pilih Yes -- delete all user data, dan terkahir anda pilih reboot. Cara mengatasi dan penyebab bootloop android Namun jika cara diatas tidak bisa dan tidak berhasil maka anda harus melakukan Cara Flashing/instal ulang android dengan File ROM Firmware yang anda sudah siapkan sesuai dengan tipe dan merk androidnya. 

Baca Juga :


Sekian dulu postingan dari saya yang membahas Cara Memperbaiki Bootloop/Gagal Booting dan Mati Total Pada Android. Semoga dengan adanya postingan ini dapat membantu anda yang membutuhkan. Terima kasih atas kunjungan anda dan nantikan postingan saya selanjutnya. Wassalam...
blog search directory Blog Directory & Search engine
DMCA.com Protection Status Technology Blogs
blog links