.

Tips/Trik BlackBerry : Tips BBM Anti Pending

Tips/Trik BlackBerry : Tips BBM Anti Pending
By.Aplikasi BlackBerry

Akhir-akhir ini banyak sekali yang mengeluhkan jeleknya jaringan Blackberry tiap operator. Entah itu mereka tidak bisa browsing, BBM selalu pending, Facebook-an lemot, Twitter-an lemot, dll. Tips BBM Anti Pending ini hamper sama dengan Tips/Trik sebelumnya yaitu Tips/Trik CARA AGAR GRUP BBM TIDAK MEMBUAT BLACKBERRY LEMOT .

Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan lemot nya jaringan Blackberry di Indonesia :

  1. SERVER yang hanya ada satu. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa server Blackberry hanya ada satu-satunya di dunia yaitu di negara asal Blackberry tersebut lahir, ya di Eropa. Hal ini menyebabkan seluruh transfer data yang kita lakukan di BB kita akan melalui perjalanan jauh dulu ke Eropa, baru kemudian sampai di BB tujuan. Bisa dibayangkan betapa server itu akan sangat penuh & sibuk melayani pertukaran data pemakai Blackberry di seluruh dunia. 
  2. KAPASITAS JARINGAN setiap operator. Setiap layanan Blackberry yang kita gunakan adalah menggunakan jaringan operator seluler. Beberapa operator seluler di Indonesia memiliki kapasitas jaringan data Blackberry yang berbeda, hal itu pun berpengaruh terhadap harga dari layanan Blackberry yang mereka sediakan. Kita ambil contoh, operator seluler “Telkomsel”. Pernah lihat iklan Telkomsel yang mengklaim bahwa akses jaringan Blackberry mereka sangat cepat dan anti pending? Ya, mereka berani mengklaim seperti itu dikarenakan mereka telah meningkatkan kapasitas jaringan Blackberry mereka. Sampai tulisan ini dimuat, beberapa operator sudah mulai berlomba-lomba meningkatkan kapasitas jaringan Blackberry mereka, diikuti dengan harga yang menurun drastis. 
  3. FASILITAS KONEKSI PADA HANDPHONE. Selain dua faktor diatas, penyebab pendingnya jaringan Blackberry juga disebabkan keterbatasan koneksi pada setiap handled Blackberry. Beberapa Blackberry tipe terbaru sudah didukung koneksi 3G, namun beberapa tipe juga masih terbatas pada koneksi GPRS & EDGE. Tentunya akses penerimaan data handphone 3G akan berbeda jauh dengan handphone yang masih terbatas koneksi GPRS & EDGE. 3G dapat menerima dan mengirim data lebih besar & cepat, sedangkan GPRS & EDGE tidak. Oleh karena itu bisa dilihat, mereka yang menggunakan handled Blackberry dengan koneksi GPRS & EDGE akan lebih lambat dibandingan dengan mereka yag menggunakan 3G.
TIPS BLACKBERRY ANTI PENDING :

Setelah mengetahui beberapa penyebab lemotnya jaringan Blackberry, maka ada baiknya kita tidak selalu menyalahkan bahkan memaki setiap operator seluler. Berikut ini saya akan memberikan tips agar Blackberry kita menjadi lancar & anti pending. Semoga berguna.

Untuk Blackberry dengan fasilitas koneksi yang terbatas pada GPRS & EDGE (seperti Gemini, dll):
  • Blackberry tipe ini memang hanya terbatas pada koneksi GPRS & EDGE, tapi ada solusi lain yaitu menggunakan WIFI. Koneksikan Blackberry pada jaringan WIFI yang ada disekitar anda. Tunggu hingga tanda icon WIFI menjadi putih terang (bukan redup), lalu mulai lah ber-BBM, browsing, update Facebook & Twitter, dijamin lancar.. 
  • Apabila dirumah memiliki fasilitas internet baik dari modem speedy, first media, dll. Ada baiknya memasang WIFI router agar bisa selalu menghubungkan BB dengan WIFI, sehingga BBM dirumah pun menjadi lancar sepanjang waktu.
Untuk Blackberry dengan fasilitas 3G (seperti Onyx, Torch, dll) :
  • Sebenarnya Blackberry tipe ini seharusnya tidak terlalu se-pending mereka yang GPRS & EDGE. Coba aktifkan 3G pada Blackberry anda. Pastikan muncul icon 3G pada notifikasi sinyal. Namun jaringan 3G setiap operator pun memang terbatas daerahnya. Ada daerah yang tidak terjangkau jaringan 3G. 
  • Apabila daerah anda tidak terjangkau jaringan 3G, maka langkah yang dapat dilakukan adalah sama seperti diatas, yaitu menggunakan WIFI.
Sejauh pengalaman saya ber-BBM menggunakan koneksi WIFI, akses data Blackberry menjadi sangat cepat. Dari yang biasanya update status BBM & foto yang biasanya harus menunggu berapa menit baru terupdate, tetapi kini langsung terupdate. Begitu juga dengan pengalaman update status Facebook dan Twitter. Refresh timeline pun tidak perlu menunggu lama.

Demikian tips BBM Anti Pending , Semoga Bermnfaat bagi pengunjung.

Baca juga Tips/Trik yang lain :


Dan masih banyak lagi Tips/trik yang lain. Selamat Mencoba.. Semoga Bermanfaat.
blog search directory Blog Directory & Search engine
DMCA.com Protection Status Technology Blogs
blog links